RSUI ‒ Bangunan dengan Green Hospital Concept Pertama di Indonesia

Haloo semua… pasti pernah dengar tentang Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Yups benar sekali, rumah sakit yang berlokasi di komplek area Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI Kampus Depok. RSUI merupakan RS-PTN pertama di Indonesia yang menerapkan Green Hospital Concept.
Ada yang tau bedanya Green Concept dengan Green Building? Hmm, memang Green concept ini tidak sama dengan green building. Secara sederhana green concept pasti menerapkan kaidah green building, sedangkan green building belum tentu menerapkan green concept.
Green Concept yang diterapkan RSUI antara lain: pemanfaatan kembali air hujan dan limbah cair; mengelola sesuai dengan aturan yang berlaku untuk limbah berbahaya (infeksius, formalin, B3); penyaluran limbah padat non B3 ke bank sampah disekitar Depok dan penguburan limbah makanan di lubang-lubang khusus untuk dijadikan pupuk kompos.
RSUI juga melakukan efisiensi energi dengan menggunakan berbagai sistem mutakhir seperti AC dengan variable refrigerant flow (VRF) serta building automation system untuk mengontrol sistem penerangan di dalam gedung RSUI. Selain itu, rancangan koridor yang menghadap keluar dimaksudkan untuk memudahkan sinar matahari masuk dan mengurangi penggunaan energi berlebih.
Rancangan struktur bangunan RSUI yang tahan gempa karena memanfaatkan base isolation untuk menyalurkan gempa kearah horizontal sehingga memungkinkan bangunan bergerak bebas saat terjadi gempa bumi. Kompartemen tahan api dan bebas asap di setiap lantai sebagai area aman saat terjadi kebakaran juga diperhatikan.Dalam hal memudahkan evakuasi, lift untuk pasien, dokter, dan makanan pun dibedakan dengan tujuan untuk mengontrol penyebaran infeksi.

Sumber :
http://rs.ui.ac.id/public/about
https://www.ui.ac.id/rumah-sakit-ui-rs-ptn-dengan-konsep-hijau-pertama-di-indonesia/
https://economy.okezone.com/read/2013/03/29/475/783395/desain-rs-di-ui-tahan-gempa


KMA-KRIDAYA FPTK UPI
Universitas Pendidikan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *