Pengabdian pada Masyarakat dan Pelantikan Anggota Biasa 2020 ‒ Adhistira

  • Events

Perkembangan dan pembangunan pedesaan atau daerah di pinggiran kota sering kali menjadi hal yang tidak mudah ada banyak kendala – kendala yang menjadi hambatan bagi kemajuannya, semisal kendala jarak, kendala rincian faktor permasalahan yang banyak dan varian dan juga kendala subjek pelaksana yang terbatas. Termasuk untuk wilayah Kabupaten Bandung yang memiliki cakupan luasan wilayah yang cukup luas seperti Kawasan Situ Cileunca, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung yang menjadi objek pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada kegiatan ini.

Kawasan Situ Cileunca terletak 41 Km di sealatan Kota Bandung. Daerah ini memiliki keindahan yang unik berupa hamparan kebun yang luas dan danau buatan. Di Kawasan Situ Cileunca, yaitu Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, adalah desa yang direncanakan diadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diintegrasikan dengan kegiatan kaderisasi Mahasiswa Arsitektur 2020 KMA-Kridaya FPTK UPI.

Kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari Tri Darma Peguruan Tinggi sebenarnya memiliki potensi pengembangan kreativitas pada berbagai sudut pandang, pada teknis pelaksanaan, subjek maupun pada rincian metode aplikasi pelaksanaan di lapangan. Pengabdian masyarakat ini berintergrasi dengan kaderisasi KMA-Kridaya FPTK UPI. kegiatan ini selain melakukan pengabdian masyarakat untuk mengatasi permalasahan yang terlihat di kawasan ini disertai juga dengan pembinaan kepada mahasiswa baru 2019 selama 3 hari.

Adapun permasalahan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah permasalahan mengenai kebersihan di lingkungan dan kurangnya kualitas fasilitas umum. Kegiatan pembinaan mahasiswa baru yang diintergrasikan dengan pengabdian masyarakat memiliki nilai tambah yakni program perbaikan sarana prasarana di lingkungan dan juga meningkatkan kualitas fasilitas.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Arsitektur 2020 ini beringrasi dengan kegiatan Kaderiasi KMA-Kridaya FPTK UPI. Pengabdian Masyarakat sendiri merupakan kegiatan akhir dari rangkaian kaderisasi. Mahasiswa yang sudah mampu terjun ke masyarakat dan memberi solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dirasa sudah mampu menjadi kader yang baik dan dapat dilantik menjadi Anggota Biasa KMA-Kridaya FPTK UPI.

Kaderisasi merupakan hal yang penting dalam sebuah organisasi, sebab kaderisasi mempersiapkan calon – calon yang siap melanjutkan tongkat estafet perjuangan sebuah organisasi. Tanpa kaderisasi, sebuah organisasi akan sulit untuk dapat bergerak dan melakukan tugas-tugas keorganisasiannya dengan baik dan dinamis di masa yang mendatang.

Kader suatu organisasi adalah orang yang telah dilatih dan dipersiapkan dengan berbagai keterampilan dan disiplin ilmu, sehingga ia memiliki kemampuan yang di atas rata-rata orang umum dengan karakternya masing-masing.

KMA-Kridaya FPTK UPI sebagai organisasi kemahasiswaan di Departemen Pendidikan Teknik Arsitektur tidak dapat dipungkiri memerlukan kaderisasi untuk membentuk kader – kader yang mampu melanjutkan roda organisasi dengan kompetensi yang baik sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan lingkungan saat ini.

Setelah melewati beberapa proses kaderisasi, ada satu tahap dimana Anggota Muda akan berubah menjadi Anggota Biasa dengan harapan ia memiliki sikap – sikap sesuai muatan yang tertanam dalam setiap kaderisasi. Maka dari itu, sebagai puncak peraihan status keanggotaan serta pemantapan muatan yang menjunjung pribadi yang PROFESIONAL, dilaksanakanlah kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Arsitektur 2020.

Dalam capaian dari kaderisasi juga, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, maka perlu adanya kegiatan berupa pengabdian masyarakat. Karena pada posisi kita sebagai civitas akademika perguruan tinggi, yang wajib melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat.

Nama Kegiatan, Waktu, dan Tempat

Kegiatan ini dinamakan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Arsitektur 2020 KMA-Kridaya FPTK UPI “Adhistira”, diambil dari bahasa sansakerta yang berarti orang yang menepati janji dan tanggung jawab dalam menghadapi kehidupan. Adhistira dipilih sebagai nama kegiatan karena memliki arti yang sesuai dengan harapan Badan Pengurus kepada peserta kegiatan ini. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat – Minggu, 7 –  9 Februari 2020 di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Tujuan

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Arsitektur 2020 bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa yang responsif. Responsif yang dimaksud adalah mengerti dan memberikan solusi terhadap perubahan yang terjadi di lingkungan dan masyarakat. Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Arsitektur ini adalah bagian akhir dari proses kaderisasi dan juga merupakan syarat dilantiknya Anggota Muda menjadi Anggota biasa KMA-Kridaya FPTK UPI.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Arsitektur 2020 KMA-Kridaya FPTK UPI, berintegrasi dengan kegiatan kaderisasi. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah:

  1. Sebagai aplikasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari bidang pengajaran penelitian dan pengabdian masyarakat.
  2. Menjadi media pembelajaran terhadap bidang arsitektur perumahan dan pembangunan pedesaan. Umumnya pengetahuan – pengetahuan tersebut diberikan pada mahasiswa di bangku kuliah maka pada pengabdian masyarakat, mahasiswa menjadi dapat melihat masalah dan akibat dari marginalisasi pembangunan arsitektur kota dan permukiman secara langsung pada lingkungan fisik di Kabupaten Bandung.
  3. Memperbaiki sarana dan prasarana lingkungan yang mengalami penurunan kualitas di lingkungan sekitar Situ Cileunca, Kabupaten Bandung khususnya terhadap penurunan kualitas yang terjadi pada fasilitas umum dan atau fasilitas sosial.
  4. Meningkatkan kualitas fasilitas masyarakat di lingkungan pendidikan di Desa Pulosari. Membina dan melatih relasi hubungan yang baik dan integratif dengan kelompok kelompok masyarakat yang nantinya akan menjadi tempat kembalinya mahasiswa setelah lulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *