Fonts For Architects

Sebagai mahasiswa arsitektur, kita perlu menambah literasi mengenai dunia kearsitekturan. Salah satunya dengan mengetahui berbagai font yang dapat diterapkan pada presentasi Power Point, infographic, dan sebagainya. Selain itu, font juga dapat dijadikan sebagai identitas tersendiri dari seorang arsitek loh. Yuk, cek font-font apa saja dibawah ini!

1. Futura

     Dibuat oleh Paul Renner pada tahun 1920-an, font ini adalah Desain Grafis Modern klasik. Terinspirasi oleh teknik Bauhaus, ia menggunakan garis lurus dan kurva sintony, serta memberikan keseimbangan dalam set tekstual. Akan tetapi font ini hendaknya tidak digunakan dalam teks yang panjang, karena terprovokasi kelelahan visual. Biasanya digunakan pada  judul dan subjudul. Font ini juga banyak digunakan untuk identitas visual di gedung-gedung perusahaan.

https://www.wfonts.com/font/futura

2. Bauhaus

     Dikembangkan oleh desainer grafis Herbert Bayer pada tahun 1925, konsepsinya adalah dirasakan dengan, tanpa waktu, melampaui waktu. Penciptanya belajar di Bauhaus antara 1921 dan 1923 di bawah arahan Kandinsky dan Moholy-Nagy. Font ini  masih digunakan sampai saat ini. Font ini sebagian besar dikaitkan atau digunakan pada judul dan sub judul dalam komposisi papan.

https://www.wfonts.com/font/bauhaus

3. Neutra

     Untuk menghormati arsitek modernis penting Richard Neutra, desainer grafis Christian Schwartz mengatur perancangan alfabet sesuai dengan tata letak arsitek. Julius Schulman dan Dion Neutra juga berpartisipasi dalam proses pembuatan font ini. Font Ini sangat digunakan dalam karya Arsitektur dan Desain sebagai pesaing dari font Futura.

 

https://www.wfonts.com/font/neutra-text

4. Bodoni

     Font ini dibuat pada 1767 oleh Giambattista Bodoni. Font ini ditandai oleh kekuatan estetika yang tinggi dan harus digunakan dengan hati-hati. Karena rangkaian garis dan mencoloknya huruf-hurufnya, disarankan untuk tidak digunakan pada teks yang panjang, tetapi untuk sorotan, seperti judul dan detail.

 

https://www.wfonts.com/font/bodoni

5. Gotham

     Terinspirasi oleh surat-surat khas yang digunakan dalam tanda dan identitas visual arsitektur. Diciptakan pada tahun 2000 oleh desainer Tobias Frere-Jones. Font ini banyak digunakan untuk publisitas, karena ide kredibilitas ditularkan oleh garis-garisnya, dalam arsitektur, font ini biasa digunakan dalam kartu nama dan logo.

Klik link font disini

6. Buttler

     Font Buttler ini terdiri dari tipografi modern sepanjang garis lengkungnya. Karena kepribadiannya yang kuat, font ini sangat baik digunakkan untuk judul dan logo.

https://www.dafontfree.io/butler-font-free/

7. Consolas

     Consolas banyak digunakan untuk teks yang panjang, font ini sangat ideal untuk kompetisi dan papan universitas, atau bahkan teks dalam detail grafis. Karena estetika yang bersih dan proporsi garis memungkinkan pembacaan panjang tanpa melelahkan pembaca. Tipografi yang dirancang oleh Lucas deGroot ini juga banyak digunakan dalam buku-buku dan majalah Arsitektur khusus.

https://www.dafontfree.io/consolas-font/

8. Helvetica / San Serif

     Mayoritas arsitek banyak yang menggunakan font ini, bahkan pengguna tanpa pengetahuan lanjutan tentang desain grafis pun secara intuitif memilih menggunakan font sans serif. Karena memiliki garis minimalis dan garis lurus, Helvetica sangat terkenal di kalangan profesional. Diciptakan pada abad ke duapuluh oleh Max Miedinger dan Eduard Hoffmann. Font ini sangat terkait dengan desain grafis modern, karena rangkaian garis dan tata letaknya, perancangnya mencari desain yang netral dan ringkas.

 

Klik link font disini

9. Modeka

     Bagi mereka yang suka font serbaguna dan halus untuk menyusun teks, font  ini sangat ideal untuk digunakkan. Font yang sangat harmonis ini diciptakan oleh Gatis vilak. Disarankan untuk judul, teks dan rincian teks dalam komposisi grafis papan dan gambar.

https://www.dafontfree.co/modeka-font-free/

10. Poplar

     Font ini adalah bagian dari Adobe yang dirancang oleh Barbara Lind. Penggunaannya menyajikan kepribadian dan kekuatan dalam komposisinya. Font ini ideal untuk digunakkan pada berbagai aplikasi, seperti papan, diagram, dan skema. Terutama dalam judul, subjudul, dan detail. 

https://www.wfonts.com/font/poplar-std

Diantara font-font diatas, yang mana font favorit kalian ??

Semoga dengan adanya pembahasan mengenai font ini, dapat menambah literasi yang akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Dari sepuluh font diatas,  adapun beberapa font yang dapat di unduh pada link dibawah ini

https://www.fontspace.com/category/architect