Masjid Terindah di Dunia dengan Ciri Arsitektural yang Berbeda-beda

Alhamdulillah kita masih bisa bertemu di penghujung bulan Ramadhan, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah Swt. dan mendapatkan berkah serta pahala yang berlimpah pada bulan Ramadhan ini. Untuk mengisi waktu luang yang lebih bermanfaat, Yuk kita ketahui bersama mengenai masjid dengan Arsitektural yang indah di dunia!

1. Blue Mosque, Istanbul

     Masjid Biru atau Masjid Sultah Ahmed ini sudah berdiri sejak tahun 1600-an. Masjid Ottoman yang memiliki enam menara ini dilengkapi dengan lantai biru membentang, sehingga oleh banyak orang dijuluki dengan nama Masjid Biru. Masjid Biru tak hanya sebagai pusat religi saja, namun juga menjadi destinasi banyak orang karena kemegahannya memang tak terkira. Dilengkapi dengan banyak fitur kubah, setengah kubah dan menara yang tinggi ramping, masjid ini keluar dari koridor gaya arsitektus khas Ottoman. Sejumlah 21.043 lantai biru yang menawan didatangkan langsung dari Iznik, yaitu kota yang terletak sekitar 90 KM dari tenggara Istanbul.

2. Masjid Hassan II, Maroko

     Masjid Hassan II di Maroko termasuk ke dalam daftar masjid terindah karena memiliki arsitektur yang luar biasa dan berukuran sangat besar.  Masjid ini bahkan disebut sebagai masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Dibangun oleh arsitek berkebangsaan Perancis, Michel Pinseau, masjid ini memiliki menera tertinggi di dunia, yaitu mencapai 210 meter. Kontur bangunan yang menjorok ke Samudra Atlantik membuat bangunan masjid ini sekilas seperti terapung di birunya laut.  Menurut laman Veranda, masjid ini terlihat megah karena dibangun menggunakan batu-batu pahatan tangan, yang berpadu dengan pola lantai yang rumit namun sangat indah. 

3. Masjid Jama, India

     Masjid Jama terletak di New Delhi, India. Dibangun di tahun 1650-1656 oleh Raja Shah Jahan.  Kemegahan Masjid Jama terletak pada dinding marmer dan lantai keramiknya yang berwarna merah tanah, yang mencirikan kekhasan arsitektur Moghul. Dengan kemegahan yang ada, masjid besar ini bisa menampung 25.000 orang yang ingin menunaikan ibadah shalat di dalamnya.

4. Masjid Shah, Iran

     Masjid Shah dikenal juga sebagai Masjid Imam. Masjid yang terletak di Kota Isfahan ini disebut sebagai contoh sempurna dari arsitektur Islami Iran.  Bahkan masjid ini juga disebut sebagai mahakarya arsitektur Persia. Pembangunan masjid ini dimulai dari tahun 1611, dengan gerbang masuk masjid berbentuk setengah lingkaran atau perwujudan dari bulan sabit. Masjid Shah dihiasi stalaktik megah dan lantai mozaik yang unik yang menggambarkan ciri khas arsitektur Persia yang termashyur.    

5. Masjid Besar Xi’an, China

     Masjid Agung Xi’an adalah masjid tertua di dataran China yang dibangun pada masa Dinasti Tang. Terletak di Kota Xi’an, masjid ini terletak pada lahan seluas 12.000 meter persegi. Bangunan dibagi menjadi empat halaman yang dihiasi dengan taman-taman khas arsitektur China. Halaman pertama dihiasi dengan gapura kayu setinggi 9 meter yang dihiasi oleh ubin asli abad ke-17. Uniknya, masjid ini dilengkapi dengan tiga kamar tempat menyimpan barang-barang peninggalan Dinasti Ming dan Dinasti Qing. Masjid Xi’an bisa jadi adalah masjid yang tak memiliki syarat arsitektur masjid pada umumnya, yaitu tak memiliki kubah dan menara masjid.

     Kesenian dan napas Islam, banyak ditorehkan di dinding masjid. Membuat suasana lorong masjid menjadi sarat akan aroma Islami. 

Gimana nih setelah mengetahui berbagai macam gaya arsitektural masjid, makin semangat buat explore lebih banyak mengenai arsitektural di dunia kan? Semoga mading kali ini akan sangat bermanfaat bagi kita semua ya. See u di mading selanjutnya!